Jadilah Warga Dunia (Eileen Rachman, 2015)


Identitas Buku

jadilah-warga-dunia

Judul buku: Jadilah Warga Dunia – temukan 56 cara mewujudkannya
Penulis: Eileen Rachman
Ukuran: 15 x 21 cm
Tebal: 152 halaman
Terbit: Oktober 2015
Cover: Softcover
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-032-1424

Sinopsis Official

Apa yang bisa membuat seseorang bisa melintasi batasan geografis dan bekerja dengan siapa saja di seluruh penjuru dunia? Jawabannya mudah: kompetensi yang ia miliki, yang membedakannya dari orang lain, yang membuatnya lebih dari sesama rekan kuliahnya, bahkan anggota keluarganya yang lain.

Kebutuhan masa depan berbeda dengan kebutuhan hari ini. Studi dan penelitian yang dilakukan oleh Eileen Rachman telah menghasilkan daftar kompetensi baru untuk hidup dan bertahan setidaknya 10 tahun ke depan. Semua itu diperkuat dan diperkaya dengan hasil dari berbagai seminar penyegaran tentang kompetensi yang salah satunya ia ikuti di Inggris. Di sana, ia menemukan bahwa kompetensi-kompetensi yang selama ini bisa menjadi kunci pintu sukses sudah berubah. Hal-hal yang dulu tidak lazim sekarang telah jadi kebutuhan utama dalam menghadapi perkembangan teknologi dan perubahan bisnis.

Buku ini memuat 56 kompetensi yang bisa kita jadikan bekal untuk melangkah dengan lebih baik dan mantap memasuki era yang baru. Membacanya, mempelajarinya, dan menerapkannya akan membantu kita untuk lebih siap menjadi warga dunia.

Selamat menaklukkan dunia.

Resensi

Belakangan ini banyak terbit buku karya anak bangsa yang membahas tentang melejitkan karir ke cakupan global. Berangkat dari mulai menuanya konsep “menjadi unggul” yang sempat populer beberapa tahun sebelumnya, kini target berkarya secara global semakin terang-terangan diangkat. Termasuk oleh buku yang satu ini.

Memiliki sampul unik, dengan warna hampir seluruhnya hitam plus tulisan judul yang berwarna merah, dan hanya ada corak seorang manusia yang berjalan di atas bola dunia; buku ini pun dihadirkan dengan judul yang terkesan biasa namun mengundang sedikit tanya. Coba kita bandingkan dengan buku Global Career. Judul itu jelas, melejitkan karir menuju globalisasi. Tapi ini? Bu Eileen Rachman, yang merupakan direktur EXPERD ini, menggeneralisasikan konsep bukunya menjadi judul yang tak hanya bisa diterapkan di bidang profesional, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini tidak terlalu tebal, cenderung tipis malah, dan isinya mudah dicerna; walaupun mungkin mudah terlupakan (untuk sebagian besar poin). Mungkin aslinya buku ini cukup memuat beberapa sikap utama, namun pengembangan yang dibuat Bu Eileen hingga mencapai 56 poin, agaknya membuat buku ini rentan mengundang kesan bertele-tele. Atau mungkin repetitif, malah. Sebagai contoh, poin yang membahas jam kerja 24/7 dan poin yang membahas soal layanan segenap hati. Tampak mirip, baik judul, esensi, sampai isinya. Namun, kesan bertele-tele dan repetitif agaknya berhasil ditutupi dengan ragam contoh kisah nyata yang disajikan nyaris di tiap bab. Gambar ilustrasi yang disajikan juga membantu visualisasi pembaca, sehingga seolah pembaca memang sedang mencerna poin yang tidak sama satu dengan lainnya.

Kali ini soal isi bukunya, alias poin-poin yang diangkat. Mudah terlihat bahwa secara garis besar, Bu Eileen menonjolkan poin rendah hati, disiplin, dan bertanggung jawab dalam buku ini. Diikuti poin menikmati peran diri sendiri, dan pengutamaan layanan. Beberapa kalimat yang beliau gunakan sungguh bisa menonjok orang Indonesia. Misalkan di poin tentang antusiasme (poin 37), yang menyadarkan kita bahwa sensitivitas krisis terkadang tidak ada walaupun seseorang sebetulnya hebat secara akademis. Belum lagi soal kemauan jadi mandiri (poin 24), di mana kita dihadapkan pada kenyataan bahwa kita mungkin butuh unlearning! Apa itu? Coba disimak… Dan tentu saja yang cukup mengena buat orang Indonesia: poin 56, soal cinta bangsa. Bukan soal nasionalisme hari pahlawan dan kemerdekaan yang dibahas. Tapi jauh lebih dari itu.

Akhir kata, buku ini mungkin lebih layak dijadikan referensi untuk introspeksi diri terlebih dahulu, sebelum dijadikan referensi buat melejitkan karir. Tapi tentu tidak salah juga kalau karir pasti berkaitan dengan kehidupan dan kebiasaan sehari-hari. Meskipun tidak benar-benar luar biasa, buku ini tetap layak direkomendasikan.

 

Miscellaneous & Ratings

1.5-star

How to get this book

  • Toko buku Gramedia IDR 88.000
  • Gramedia.com IDR 74.800-IDR 88.000 belum termasuk ongkos kirim
  • Scoop IDR 69.000
  • Bukabuku.com Rp 70.400 belum termasuk ongkos kirim
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s