The Tumor – A Non-Legal Thriller (John Grisham, 2016)


Identitas Buku

thetumorjohngrisham

Judul buku: The Tumor, A Non-Legal Thriller
Penulis: John Grisham
Penerbit: Focused Ultrasound Foundation
Genre: Medical, non-fiction
Tebal: 67 halaman
Terbit: 19 Januari 2016
Format: Kindle e-Book
ASIN: B01AUYDNI6

 

Sinopsis Official

John Grisham says THE TUMOR is the most important book he has ever written. In this short book, he provides readers with a fictional account of how a real, new medical technology could revolutionize the future of medicine by curing with sound.

THE TUMOR follows the present day experience of the fictional patient Paul, an otherwise healthy 35-year-old father who is diagnosed with a malignant brain tumor. Grisham takes readers through a detailed account of Paul’s treatment and his family’s experience that doesn’t end as we would hope. Grisham then explores an alternate future, where Paul is diagnosed with the same brain tumor at the same age, but in the year 2025, when a treatment called focused ultrasound is able to extend his life expectancy.

Focused ultrasound has the potential to treat not just brain tumors, but many other disorders, including Parkinson’s, Alzheimer’s, hypertension, and prostate, breast and pancreatic cancer.

For more information, you can visit The Focused Ultrasound Foundation’s website. Here you will find a video of Grisham on the TEDx stage with the Foundation’s chairman and a Parkinson’s patient who brings the audience to its feet sharing her incredible story of a focused ultrasound “miracle.”

Readers will get a taste of the narrative they expect from Grisham, but this short book will also educate and inspire people to be hopeful about the future of medical innovation.

Resensi

Apa? John Grisham bikin buku kedokteran?? Bagaimana mungkin??

Tapi begitulah kenyataannya. John Grisham, penulis yang terkenal dengan cerita-cerita legal/hukumnya, judul novel yang selalu singkat dan selalu berupa kata benda dan diawali “The” atau “A”, dan runutan ceritanya yang benar-benar detail. Hanya itu yang saya ketahui tentang mantan pengacara yang satu ini. Sebelumnya saya hanya pernah satu kali membaca karya John Grisham dan saya tertidur karena tidak paham dengan ngejelimet-nya plot legal yang mewarnai isi novel beliau. Tapi dengan buku yang satu ini, The Tumor: Membaca judulnya saja sudah membingungkan karena jelas tak ada hubungan antara tumor dengan hukum. Lalu bumbu tagline “Non-Legal Thriller” juga tentu membuat penasaran.

Di buku ini, Grisham menceritakan tokoh bernama Paul, seorang ayah tiga anak berusia 35 tahun (kelahiran 1980), yang terdiagnosis menderita kanker otak tipe glioblastoma. Soal kanker otak tipe glioblastoma, Grisham menjabarkan beberapa fakta medis soal kanker otak.

  1. Mungkin agak mengejutkan bahwa sebenarnya sebagian benjolan di otak adalah tumor jinak. Glioblastoma hanya mencakup sebagian kecil dari kasus-kasus ini.
  2. Glioblastoma adalah tipe kanker otak paling ganas. Dengan teknologi pengobatan standar saat ini, sebagian besar pasien wafat dalam 1 tahun setelah diagnosis, namun ada yang cukup beruntung untuk hidup sampai 5 tahun setelah diagnosis meskipun cuma sedikit jumlahnya.
  3. Kekambuhan glioblastoma sangat tinggi dan pembedahan berkali-kali sering gagal memberikan hasil maksimal (alias pasiennya tetap meninggal juga).

Dari tiga fakta ini bisa kita tebak bagaimana akhir nasib Paul.

Nah, bertolak dari fakta-fakta yang sudah dijabarkan, Grisham mengulangi jalan cerita dan mengandai-andaikan jika Paul lahir sepuluh tahun lebih terlambat, yaitu di tahun 1990; dan diagnosis kanker otaknya terjadi di tahun 2025. Apa yang akan terjadi?

Buat pembaca yang menggemari kepiawaian Grisham dalam menjalin plot, sepertinya harus siap-siap kecewa dengan buku ini. Tidak ada plot apapun yang “di luar dugaan”. Dan bahkan ada kesan “John Grisham mau ngajak pembaca ikut MLM secara terselubung” lewat buku ini. Kira-kira itulah dua poin yang berpotensi membuat penggemar Grisham tidak suka dengan karya terbarunya ini.

Namun menurut saya dari sisi medis, cerita Grisham memang menginspirasi meskipun secara medis masih berupa angan-angan. Focused Ultrasound Foundation, selaku pihak sponsor yang berdiri di belakang Grisham dalam proses pembuatan buku ini, jelas punya misi tidak main-main dalam menghadapi gelombang diagnosis dan terapi kanker yang melesat beberapa dekade belakangan ini. Ranking kanker sebagai penyakit paling mematikan terus naik dari tahun ke tahun. Tentu saja, kebutuhan dunia medis terhadap pengobatan mutakhir buat kanker ini sudah cukup mendesak. Semua orang tentu berharap ada terapi kanker baru yang semakin canggih dan semakin aman, namun bisa memberikan harapan umur lebih panjang buat pasiennya. Salah satu harapan terletak pada focused ultrasound itu sendiri.

Tapi dari sisi tujuan penulisan buku ini, memang tidak salah kalau Grisham mengatakan jika buku ini merupakan buku terpenting yang pernah dibuatnya. Jelas masyarakat harus tahu tentang focused ultrasound, karena saat ini pasien sudah harus lebih kritis dalam menerima pengobatan dari dokter. Apalagi terkait kanker yang biaya terapinya masih amat tinggi. Namun, jelas salah kalau Grisham mengatakan jika buku ini adalah non-legal thriller. Masalah utamanya adalah cerita ini bukan thriller (setidaknya menurut saya). Sampai saya selesai membaca buku ini (saya hanya butuh 15 menit), tidak saya temukan sedikitpun sisi thriller di dalam buku ini. Meskipun memang iya non-legal sih…

Penasaran dengan karya John Grisham yang berbeda ini? Kalian hanya butuh tak sampai setengah jam untuk menyelesaikan buku ini. Jadi tidak ada ruginya dicoba…

My ratings and Goodreads

2.5-star

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s