German Wisdom (Diana Mauer, 2015)


Identitas Buku

germanwisdom

Judul buku: German Wisdom – Funny inspirational and thought-provoking quotes by famous Germans
Penulis: Diana Mauer
Tanggal terbit: 3 Oktober 2014 (1st edition), 17 Juni 2015 (2nd edition)
Penerbit: Westhoff Publishing
Bahasa: English
Tebal: 156 halaman
Genre: Non-fiction, collage
Cover: Softcover/paperback
ISBN-13: 978-069-247-409-9

Sinopsis Official

German Wisdom features a fascinating collection of funny, inspirational and thought-provoking quotes by some of Germany’s greatest poets, thinkers and philosophers, as well as from contemporary Germans of note.

See the world through their eyes as they contemplate life, love, freedom, national identity and many other topics from a distinctly German perspective.

A great gift idea for anyone who wishes to know more about their German heritage.

“That which does not kill us makes us stronger.”
-Friedrich Nietzsche

“A Bavarian is a mixture between an Austrian and a human being.”
-Otto von Bismarck

“Farting is done at night, with all your might.”
-Wolfgang Amadeus Mozart

Resensi

Jerman dikenal sebagai negara penghasil banyak sekali tokoh berpengaruh dengan berbagai bidang keahlian. Coba kita lihat siapa saja contohnya. Dari politik misalnya, ada Adolf Hitler, Helmut Kohl, sampai Angela Merkel. Di bidang modeling, ada Claudia Schiffer dan Heidi Klum. Di tenis, ada Steffi Graf dan Boris Becker. Sepakbola punya Franz Beckenbauer, Formula 1 punya Michael Schumacher. Fisika punya Albert Einstein, dan humaniora punya Anne Frank dan Albert Schweizer. Musik juga punya Johann Sebastian Bach sampai Campino. Banyak, kan?

Dan mereka terkenal dengan beberapa sifat atau trait: Ngejelimet, ribet, agak malas ke gereja, suka minum bir, malas bermanis-manis untuk menyenangkan orang lain, tegas, dan tidak neko-neko.

Apa jadinya kalau kata-kata yang pernah mereka ucapkan dijejalkan ke dalam satu buku?

Jadinya ya buku ini. German Wisdom: Kumpulan kata “bijak” dari orang-orang Jerman terkenal. Meskipun tak semuanya bijak, kadang ada yang lucu, ada yang kontroversial, dan ada juga yang “Jerman” banget.

Seperti apakah cara mereka berpikir? Apakah benar semua orang Jerman punya mindset sama? Apakah semua orang Jerman suka mabuk dan atheis? Meskipun tidak bakalan tuntas dibahas, buku ini memberikan selintas jawaban soal rasa penasaran kita, dengan cara yang cukup ringan untuk dinikmati. Omongan orang-orang terkenal dari Jerman ini dibagi dalam 46 bab, mulai dari Aging sampai Work. Tenang saja, semua kategori ada. Eh… Tapi menurut saya ada satu kategori yang kurang: Beer. Kategori ini tidak ada, dan menurut saya agak disayangkan mengingat orang Jerman begitu gemar dengan bir. Saya menduga barangkali semua orang Jerman sudah sepakat soal bir, jadi bab itu pun ditiadakan.

Saking banyaknya kalimat yang saya highlight di buku ini, saya sampai pusing sendiri ketika melihat ringkasan yang saya buat.

Mulai dari yang lucu sampai yang nyinyir, semua ada. Sebagai contoh, baru di halaman 5, kita bertemu kalimat lucu dari Thomas Gottschalk: “Orang Amerika selalu bermasalah dengan makanan, kalau bukan karena takut bikin kanker ya takut bikin gemuk“.

Lanjut ke halaman 13, kalimat super-Jerman dari Beckenbauer: “Sayangnya kami orang Jerman tidak pernah dianggap ramah dan kami harus memperbaiki itu“, dan dari Marlene Dietrich, “Kalau kita sudah mati, ya kita mati. Titik“.

Yang nyinyir? Contohnya dari Oliver Gaspirtz, “Buku semacam Twilight itu bukan karya seni, melainkan sampah yang diproduksi massal demi duit semata.” Atau kalimat terkenal dari Wernher von Braun, “Kita tidak bisa melahirkan bayi dengan cara menyuruh sembilan wanita hamil selama 1 bulan.”

Yang memotivasi? Biasanya dari Albert Einstein. Memang betul rasanya beliau ini sangat cerdas. Buktinya tidak hanya teori relativitas yang bikin orang kebingungan, tapi juga kata-katanya yang menyentuh dan menginspirasi. Misalnya ini: “Tanda kecerdasan utama adalah imajinasi, bukan luas pengetahuannya“. Atau yang ini: “Hanya ada dua hal yang tak terbatas di dunia ini: Alam semesta dan kebodohan umat manusia. Tapi aku tidak yakin kalau alam semesta itu tak terbatas.

Dan yang superdahsyat menurut saya adalah kumpulan kata-kata Friedrich Nietzsche, yang banyak meragukan keberadaan surga, neraka, dan agama. Coba disimak satu-satu. Memang kontroversial dan sedikit satir kalau diperdalam, tapi sebagian dari yang ia katakan memang nyata adanya.

Jika kalian sedang ikut Goodreads Reading Challenge dan kelelahan dengan buku yang tebal-tebal, buku ini bisa dijadikan penawar dahaga karena ringan sekaligus renyah. Saya menjadikannya buku ke-10, yang mengakhiri deretan buku-buku non-fiksi tebal yang (memang) mengerikan. Tak percaya? Sebaiknya kalian coba sendiri membaca buku ini, supaya tahu bagaimana cara berpikir orang Jerman itu. Karena, kalau mengikuti kata-kata Gunther Jauch, “Hei! Pengetahuan tak bisa di-download!“.

Oke, coba baca lebih lanjut demi memuaskan rasa penasaran kalian!

My personal rating and Goodreads

  • Saya membacanya dalam bentuk: Digital, Kindle
  • German Wisdom on Goodreads
  • My ratings: 3/5 (Goodreads), 5/10 (Personal)

2.5-star

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s