Dan Lain-lain #HUT5BBI


Baru sempat mengikuti event Blog Buku Indonesia di hari keempat, dan inilah quote favorit saya dari buku yang pernah dibaca (sayangnya, bukunya belum saya baca sampai rampung):

IMG_4210

Ini adalah kalimat dari buku Begitulah Indonesia, terjemahan dari buku Indonesia Etc karya Elizabeth Pisani. Mungkin kalimat yang saya fokuskan kurang jelas, saya akan quote ulang kalimatnya:

Sampai sekarang, Indonesia masih sibuk dengan “d.l.l” tersebut.

Atau dalam bahasa aslinya:

Indonesia has been working on that ‘etc.’ ever since.

Saat saya membuat postingan ini, buku yang satu ini baru saya baca 55%. Intinya, Pisani menguraikan tentang perjalanannya mengelilingi berbagai daerah di Indonesia dalam dua sisi. Sisi pertama dari aspek realitas, perihal budaya dan fakta yang terjadi menurut observasinya yang jitu. Sedangkan sisi kedua dari aspek sudut pandang global, yang menyoroti isu-isu di balik budaya dan fakta yang tampil itu. Dan di bagian pembuka buku ini, muncullah kalimat yang saya fokuskan tersebut.

Dan inilah alasan saya memilih quote ini:

Sepanjang 55% perjalanan saya membaca buku ini, kalimat tersebut rasanya sudah cukup mewakili alasan Indonesia masih dibelenggu polemik yang tak berkesudahan, merangkum bagaimana terseok-seoknya Indonesia membangun diri menjadi sempurna sesuai harapan pendiri bangsa. Indonesia digambarkan sebagai bangsa yang begitu bersemangat, namun semangat itu tidak dibarengi kedewasaan bersikap, kematangan pikiran, serta kesatuan yang nyata. Persatuan dan kesatuan memang nyata dalam dogma nasional namun kenyataannya masih tak sejalan dengan apa yang begitu mudah diucapkan. Kalimat ini pulalah yang mencetuskan suatu keprihatinan, bahwa orang asing saja bisa melihat fenomena belum dewasanya Indonesia sebagai bangsa, sementara warga lokalnya sendiri kerap memungkiri dengan berbagai cara.

Dan tentu saja, tugas saya selanjutnya adalah menyelesaikan buku ini hingga 100%, untuk mendapat gambaran seutuhnya soal “d.l.l.” tersebut.

Leave a Reply

