Melihat Api Bekerja: Kumpulan Puisi (M. Aan Mansyur, 2015)


Identitas Buku

melihatapibekerja

Judul: Melihat Api Bekerja: Kumpulan Puisi
Penulis: M. Aan Mansyur
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Genre: Fiksi, Puisi, Sastra
Bahasa: Indonesia
Terbit: April 2015
Tebal: 160 halaman
Cover: Soft cover
Ukuran: 14 cm x 20 cm
ISBN-13: 978-602-031-557-7

Sinopsis Official

Aku benci berada di antara orang-orang yang bahagia. Mereka bicara tentang segala sesuatu, tapi kata-kata mereka tidak mengatakan apa-apa. Mereka tertawa dan menipu diri sendiri menganggap hidup mereka baik-baik saja. Mereka berpesta dan membunuh anak kecil dalam diri mereka.

Aku senang berada di antara orang-orang yang patah hati. Mereka tidak banyak bicara, jujur, dan berbahaya. Mereka tahu apa yang mereka cari. Mereka tahu dari diri mereka ada yang telah dicuri.

“Menikmati Akhir Pekan”

“Aan adalah salah seorang dari dua atau tiga penyair kita yang berhasil memaksa kita dengan cermat mendengarkan demi penghayatan atas keindahan dongengnya.“

-Sapardi Djoko Damono-

Resensi

Seperti apa sebenarnya buku puisi itu? Apakah buku puisi harus berbentuk jajaran kalimat pendek-pendek yang cuma terdiri atas beberapa kata, dan dirangkai dengan gambar atau sketsa yang indah, seperti buku puisi zaman dahulu yang pernah lihat sekilasnya saja?

Untuk menjawabnya, saya perlu menjajal setidaknya satu buku puisi. Dan hasilnya, inilah buku puisi pertama yang saya baca secara berurutan, dari awal sampai akhir (sebelumnya saya pernah membaca buku puisi, tapi tidak utuh, alias loncat-loncat).

Saya sadar saya sangat kurang update (baca: kudet) soal puisi. Alhasil, saya terkaget-kaget ketika sang penulis, Mas Aan Mansyur, bisa membuat puisi dalam format bak cerpen, yang harus dibaca teliti untuk disadari sebagai puisi sepenuhnya. Mas Aan Mansyur, yang selama ini saya ketahui sebagai penulis tetap di Qureta (wadah tempat saya menulis aspirasi, walaupun jarang-jarang juga menulisnya), pun mampu bermain kata-kata dalam jalinan yang mengejutkan di sini. Celakanya saya, yang memang sejak mengenal puisi tidak terlalu mampu memahami permainan kata dan metafora, mau tak mau tetap saja dibuat berpikir lebih keras saat membaca buku ini, ketimbang saat membaca buku nonfiksi (yang lebih familiar dengan saya selama ini). Meskipun demikian, saya tetap bisa menikmati buku ini, walaupun barangkali tidak semaksimal orang yang paham metafora dengan baik.

Melihat Api Bekerja adalah salah satu dari puluhan judul puisi yang termuat dalam buku setebal 160 halaman ini. Bahasa puitis yang dikedepankan indah, tidak terlalu “sharp”, tetapi tetap mengena pada sasaran. Dan apa saja sasarannya? Ternyata, buku yang bernuansa cokelat oranye ini tidak melulu mengumbar kemarahan, rasa memiliki, dan kesengsaraan fisik. Namun juga memuat aspek hubungan manusia dengan sudut pandang “anak terhadap orang tuanya” atau “seseorang terhadap kekasihnya”. Sehingga, kalau ditinjau dari elemen, semua elemen ada dalam buku puisi ini, hanya saja penempatannya yang bervariasi. Jadi ingat The Fifth Element.

Jangan abaikan juga ilustrasi yang disajikan. Seluruh lukisan, yang terkadang realis, terkadang abstrak, dan terkadang di luar nalar; yang berwarna cokelat api; memang sangat “nyeni”, dan tentunya menambah “keindahan” buku ini.

Favorit saya ada beberapa, misalnya:

  • Menonton Film. Saya langsung suka ketika membaca puisi yang satu ini. Sampai-sampai saya ulang baca empat kali. Puisi yang ini seolah jadi ajang penuangan kreativitas Mas Aan dengan sangat brilian.
  • Menyeberang Jembatan. Puisi ini dibahas mendalam oleh Pak Sapardi Djoko Damono di laman pendahuluan. Temanya tentang hubungan si penutur dengan ibunya. Menarik untuk disimak juga.
  • Mengurus Surat Keterangan Hilang. Singkat namun cukup mengena.
  • Hal-hal yang Dibayangkan Sajak Terakhir Ini sebagai Dirinya. Puisi ini agak panjang namun menurut saya, puisi ini memuat seluruh esensi di buku ini jadi satu.

Para penikmat puisi dan sastra Indonesia, buku ini rasanya tepat jika direkomendasikan untuk kalian. Dijamin kalian tidak akan kecewa dengan ramuan Mas Aan pada bara apinya.

Review

  • Saya membacanya dalam bentuk: Digital, i-Jakarta pinjaman
  • Melihat Api Bekerja on Goodreads
  • My Personal Goodreads Rating 3/5

How to get this book

  • Toko buku Gramedia Rp 53.000
  • Gramedia.com Rp 45.050 (belum termasuk ongkos kirim)
  • Scoop Rp 31.200 (digital version only)
Leave a Reply

