My Blurbs Episode 2: Humanizing Human


My Blurbs kali ini menghadirkan tiga buku yang amat berbeda satu sama lain. Ketika yang satu mengulas cara menemukan kesenangan di tempat kerja, buku lainnya menyajikan gambaran pahit soal organisasi kemanusiaan, dan buku satunya lagi membahas lika-liku dunia kedokteran berupaya mengeradikasi penyakit menular di peradaban modern. Selamat menyimak!

work-fun-play-hard     crisis-caravan    eradicationstepans

2×01

Work Fun, Play Hard (Soegeanto Tan, 2013)

Self-help, Grasindo, Paperback, 224 pages, May 20 2013, Bahasa Indonesia

work-fun-play-hard

Buku yang serupa, barangkali sudah cukup banyak: Yaitu buku yang memuat tentang trik mencapai kesenangan seutuhnya bekerja dengan cara menemukan passion terlebih dahulu. Jika sudah pernah membaca buku Rene Suhardono yang membahas tentang karir dan passion, rasanya buku ini tidak terlalu jauh beda untuk urusan konten. Yang berbeda hanya cara penyajiannya. Pak Soegeanto Tan mampu memberikan warna berbeda meskipun buku ini mungkin bisa membuat mengantuk si pembacanya. Sehingga ketika membaca buku ini, kita seolah sedang diajak bermain dan mengaplikasikan langsung serta menarik implementasi antara apa yang kita baca dengan kehidupan sehari-hari. Buat yang sedang jenuh dengan pekerjaan, mungkin buku ini cocok untuk membangkitkan semangat. Namun jika kalian tengah mencari buku yang tampil beda, buku ini mungkin tidak tepat.

1.5-star

 

2×02

The Crisis Caravan: What’s Wrong with Humanitarian Aid? (Linda Polman, 2010)

Politics/Economics, Metropolitan Books, Hardcover, 240 pages, September 14 2010, English

crisis-caravan

Bantuan kemanusiaan sudah ada sejak dahulu. Mungkin tadinya organisasi kemanusiaan sengaja dibuat murni untuk urusan sosial. Namun seiring semakin kejamnya dunia, dan semakin majunya segala hal, demikian pulalah organisasi kemanusiaan: Segalanya bisa diatur dengan uang. Polman mengambil contoh dua kasus besar yang diamatinya di Afrika, terkait pertikaian antarsuku di Rwanda 1994 dan kasus Afghanistan, di mana organisasi kemanusiaan bisa gagal total dalam mendistribusikan bantuan, dan bantuan justru jatuh ke tangan pihak yang tidak semestinya. Tidak hanya karena masalah uang, namun juga masalah budaya setempat, sosial, hingga urusan politik dan pendekatan persuasif dari organisasi. Untuk memberikan sumbangan, barangkali rasional apabila seseorang melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan agar sumbangan yang diberikan memang tersalurkan dengan baik. Buku ini memberikan pandangan dari sisi lain tentang organisasi kemanusiaan, yang patut kita ketahui untuk menambah wawasan.

3-star

 

2×03

Eradication: Ridding the World of Diseases Forever? (Nancy Leys Stepan, 2011)

Medicine/Science, Cornell University Press, Hardcover, 312 pages, September 29 2011, English

eradicationstepans

Keberhasilan dunia dalam mengeradikasi (baca: memusnahkan) penyakit cacar (variola) di pergantian dekade 1970-an ke 1980-an, membuat banyak orang berpikir bahwa berbagai penyakit infeksi bisa dieradikasi. Kenyataannya, tidak selalu semulus itu. Buku ini mengungkapkan faktor apa saja yang sebetulnya bisa menentukan apakah percobaan eradikasi akan berhasil. Karena pada kenyataannya, banyak penyakit yang tadinya dianggap bisa dieradikasi, ternyata hanya sanggup dikendalikan agar jangan sampai membludak (misalnya polio dan malaria). Dan ternyata, keberhasilan eradikasi bukan hanya terkait dengan masalah kampanye antivaksin. Namun masalah keragaman hayati pun bisa berperan. Buku ini cocok untuk para peneliti di bidang kesehatan masyarakat dan penyakit infeksi, sebagai referensi yang patut diperhitungkan sisi ilmiah dan faktualnya.

3-star

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s