My Blurbs Episode 4: From Nature, with Talent


Tiga buku berikutnya di My Blurbs, adalah buku-buku yang sempat masuk program gratisannya Blinkist di pertengahan Mei 2016 ini. Yang satu membahas lingkungan, yang satu membahas dunia tuna rungu, dan yang satu lagi membahas cara mengelola bakat berganda yang meluap-luap. Ini dia…

comfortablyunaware      icanhearyouwhisper     davincicurse

4×01

Comfortably Unaware: Global Depletion and Food Responsibility – What You Choose to Eat is Killing Our Planet (Richard Oppenlander, 2011)

Environment/Health/Science, Langdon Street Press, Hardcover, tebal, February 1 2011, English

comfortablyunaware

Buku tentang lingkungan hidup ini mengingatkan para pembacanya bahwa pola makan yang terlalu kaya daging bisa merusak lingkungan. Sebetulnya prinsip ini cukup dasar di bidang ekologi, karena yang menjadi pangkal permasalahan adalah rantai makanan. Namun, rantai makanan di sini dibahas dengan bungkusan yang menarik dan meyakinkan. Oppenlander membeberkan bahwa dengan mengonsumsi daging berlebihan, masyarakat tengah berkontribusi merusak hutan! Nah, bagaimana bisa?

Di sinilah Oppenlander mampu memaparkan berbagai permasalahan dengan runut dan terperinci. Selain itu, ia juga menawarkan sejumlah solusi untuk, setidaknya, mengatasi atau memperlambat dampak perburukan yang timbul pada lingkungan kita. Namun, cara Oppenlander menyampaikan opini dan saran-sarannya, cukup mengejutkan saya. Entah saya yang terlalu sensitif, saya merasa Oppenlander “begitu galak” dalam menyuarakan sarannya, yaitu seputar perubahan pola makan. Penasaran? Temukan jawabannya dalam buku yang cukup kokoh berprinsip mendukung hidup secara naturalis dan mengurangi konsumsi daging ini.

Comfortably Unaware: Global Depletion and Food Responsibility – What You Choose to Eat is Killing Our Planet on Goodreads

My Goodreads Rating: 3/5

 

4×02

I Can Hear You Whisper: An Intimate Journey through the Science of Sound and Language (Lydia Denworth, 2014)

Science/Medicine/Social/Education, Dutton Books, Hardcover, 400 pages, April 17 2014, English

icanhearyouwhisper

Denworth, seorang wartawan sekaligus seorang ibu dari anak tuna rungu, mendeskripsikan dunia para tuna rungu dengan mengedepankan aspek hambatan komunikasi. Subpopulasi tuna rungu yang sudah berkembang beberapa abad lamanya ini, kerap dianggap terbelakang dan terisolasi. Namun seiring perkembangan zaman dan penyetaraan hak asasi, dibarengi dengan kemajuan teknologi, para penyandang tuna rungu tak lagi memisah menjadi kelompok aneh di masyarakat negara maju. Menariknya, di sini Denworth juga mengedepankan teknologi implan koklea dan perkembangannya, serta plus minusnya buat membantu kaum tuna rungu untuk “menjadi senormal mungkin”. Buku ini menarik buat dibaca para pelajar dan mahasiswa yang bergelut di bidang kesehatan, serta para pekerja sosial; karena sedikit banyak memberikan inspirasi sekaligus pengetahuan tentang evolusi tuna rungu melintasi berbagai zaman.

I Can Hear You Whisper: An Intimate Journey through the Science of Sound and Language on Goodreads

My Goodreads rating: 4/5

 

4×03

The Da Vinci Curse: Life Design for People with Too Many Interests and Talents (Leonardo Lospennato, 2012)

Self-help, Createspace, Paperback, 232 pages, October 1 2012, English

davincicurse

Masih merasa bingung apa bidang yang sungguh-sungguh kalian minati, padahal umur sudah terus bertambah? Berarti buku ini harus kalian simak! Karena barangkali, kalian termasuk The Da Vinci person.

The Da Vinci person adalah orang yang begitu dites akademik, nilainya merata. Tidak kelihatan mana bidang yang ia lebih kuasai daripada bidang lainnya. Ia juga punya banyak minat, hingga ia sendiri seolah lumpuh gara-gara terlalu banyaknya pilihan. Sindrom Jack of All Trade, namanya. Saking banyaknya yang bisa dia lakukan, tidak ada bidang yang jadi spesialisasinya. Padahal, hidup di zaman sekarang sudah berbeda dengan zaman dahulu. Hidup di zaman modern ini sangat butuh spesialisasi keahlian.

Tenang, Lospennato, yang terkenal dengan buku-buku musiknya ini, memberikan solusinya lewat buku ini. Prinsipnya mungkin sudah bisa ditebak: Korbankan sesuatu untuk dapatkan sesuatu yang lain. Carilah jalan hidup yang memenuhi sebanyak mungkin aspirasi kita. Nah, seperti apakah Lospennato memberikan jurus buat orang yang masih galau dengan jalan hidup mana yang harus dipilihnya, langkah demi langkah?

The Da Vinci Curse: Life Design for People With Too Many Interests and Talents on Goodreads

My Personal Goodreads rating: 4/5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s