Blogging: Have Fun and Get The Money (Carolina Ratri, 2015)


Identitas Buku

blogging have fun

Judul buku: Blogging: Have Fun and Get The Money
Penulis: Carolina Ratri
Penerbit: Stiletto Book
Tanggal terbit: Desember 2015
Genre: General non-fiction
Cover: Paperback
Tebal: 245 halaman
Bahasa: Indonesia
Dimensi: 13 cm x 19 cm
ISBN-13: 978-602-757-244-7

Sinopsis Official

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan pemasukan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalui kerja sama job review. Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup. Buku ini membahas berbagai tip, seperti:

– Menentukan tema blog
– Mencari ide tulisan
– Mempelajari teknik menulis yang baik
– Mempercantik tampilan blog
– Cara mendapatkan job review
– Cara kerja Google Adsense
– Memopulerkan blog dengan SEO dan media sosial
– Sampai, profil para blogger senior

Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring, serta personal branding.

Resensi

Saya sudah memasukkan buku ini ke wishlist sejak ia terbit, Desember 2015 lalu. Dan gara-gara fokus tersedot ke event Big Bad Wolf Book Sale, saya pun batal membeli lebih awal dan event review contest yang diadakan Mba Carolina Ratri tentang buku ini pun terpaksa saya lewatkan.

Beda dengan buku blogging umumnya yang ribet dan susah dibaca dengan sensasi asyik, Blogging Have Fun and Get The Money memberikan angin amat segar. Cara Mba Carolina Ratri menyampaikan uraian-uraiannya amat menarik dan ringan, sehingga semua kalangan seharusnya bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan Mba Carra dengan baik. Apalagi buat para blogger Blogger. Eh? Ups, saya sadar saya tidak typo. Benar, yang saya maksud adalah blogger yang mainnya di platform Blogger. Alias Blogspot. Hanya dengan melihat sampulnya, kita tahu bahwa pengguna Blogger wajib punya buku ini, karena ada topik yang menggiurkan di situ: Google Adsense!

Dan ternyata premis yang ada di blurb buku ini terbukti. Begitu masuk ke bab-bab awal, saya langsung menemukan bagaimana deskripsi Mba Carra soal blog, gunanya blogging, peran blogger, hingga penentuan tema kalau kita kepengen ngeblog, semua disajikan dengan bahasa simpel di depan. Eh tapi… Jangan salah. Buku ini rupanya tidak difokuskan ke hal-hal teknis seperti cara membesarkan dan mengecilkan tulisan di blog, melainkan lebih ke esensi atau ide-ide di balik proses blogging itu sendiri. Jadi kalau kalian mencari tentang cara membesarkan dan mengecilkan tulisan di blog, atau ingin menjawab pertanyaan “kenapa blog saya jelek tapi blog dia bagus”: Buku ini bukan sumber jawabannya ya…

Lanjut semakin ke tengah, Mba Carra juga tidak lupa mencantumkan cara-cara memperbaiki tulisan sendiri di blog, mendisiplinkan diri dan menetapkan jadwal blogging, serta memotivasi diri sendiri untuk urusan blogging. Dibahas juga soal kategorisasi blog, salah satunya adalah blog buku yang sempat menyebutkan Blog Buku Indonesia dan beberapa blogger andalannya yaitu Stefanie, Melisa dan Alvina Kusuma. (Wih, komplit banget ya! Ditambah lagi faktor yang itu tadi, bahwa uraian panduan Mba Carra sangat lengkap dan mudah dipahami. Tinggal diikuti langkah per langkah dan hasilnya bisa langsung dicek. Saya juga sempat ikut langsung mengecek PageRank Alexa sesuai petunjuk buku ini dan hasilnya: PageRank blog ini rupanya masih 0! Mungkin karena blognya belum lama dan topik blog saya yang terlalu-terlalu-terlalu niche? Entahlah…

Nah, di sinilah saya mulai menemukan kata “sayangnya” buat buku ini. Sayangnya, saya kurang cocok dengan Blogger/Blogspot. Sudah tiga kali coba bertahan di platform blogging sejuta umat itu, tapi selalu gagal, dan ujung-ujungnya selalu pengen baliknya ke WordPress. Karena tampilan editornya yang lebih “user-friendly” buat saya. Juga karena template WordPress lebih bagus-bagus. Alhasil sampai sekarang pun blog saya yang aktif ada dua, dua-duanya berbasis WordPress. Sebelum membaca buku ini, saya sudah mengetahui risiko bertahan di WordPress, yaitu program afiliasi dan monetization yang jauh-jauh lebih sulit. Praktis, ketika ada kalimat yang berbunyi semacam “maaf pengguna WordPress belum bisa pakai Google Analytics”, saya langsung merasa tercelus. Oh no. Masak ganti platform lagi? Apa boleh buat, saya skip bagian Google Analytics tersebut, karena tidak bakal ada gunanya juga buat blog saya yang ada saat ini. Maaf ya Mba Carra.

Dari sini saya menemukan satu fakta bahwa: Buku ini kurang memberikan solusi untuk blogger WordPress, meskipun di sisi lain solusi buat blogger Blogger bisa dibilang palugada (apa yang lu mau, gue ada).

Bagian terakhir, soal wawancara dengan para blogger ahli. Di sini yang dimaksud Mba Carra soal blogger ahli, rupanya adalah beberapa blogger yang disebut sebagai headhunter dan job reviewer. Intinya, mereka sudah bisa memperoleh sesuatu dari hasil mereka blogging, dan mereka pun sudah terkenal di jagat blogging. Ada yang memang punya topik khas seperti curcolan diri sendiri, namun ada juga yang memang punya spesialisasi khusus. Buat saya, bagian ini amat unik karena kebanyakan buku tentang blogging lainnya yang sama sekali mengabaikan aspek ke-“manusia”-an dari blogging. Sehingga bagian yang ini bisa jadi ciri spesial dari buku ini. Sayangnya menurut saya bagian ini masih kurang mencakup blog-blog yang “rada sulit dikomersialkan”, seperti misalnya blog tentang painting/fine art, atau tipe blog saya sendiri (blog buku nonfiksi) misalnya. Padahal IMHO sudah ada beberapa blogger buku yang menurut saya layak dijadikan idola dan suhu di dunia book blogging untuk diwawancarai (contohnya: Kak Pauline Destinugrainy).

OK, so I’ll conclude this review shortly.

Kalau kalian adalah WordPress user seperti saya, plus kalau tema blog-nya “rada susah dikomersialkan”, buku ini menolong dengan kadar 55-70%. Saya tidak bilang buku ini tidak bagus buat mereka, tetapi kadar “pertolongan” yang bisa didapat saja yang kurang maksimal.

Akan tetapi… Kalau kalian adalah Blogger user, plus kalau tema blog kalian adalah review makanan, review produk kecantikan, atau review apapun yang berwujud? Nah, buku ini adalah semacam buku wajib yang tak boleh sedikitpun kalian lewatkan kalau tidak mau rugi! Overall, pendekatan Mba Carra lewat buku ini ke para blogger khususnya blogger Blogger sangat revolusioner dan groundbreaking. Dunia blogging pastinya akan semakin tambah menarik dan seru dengan kehadiran panduan-panduannya yang asyik punya.

Miscellaneous and Ratings

3-star

  • How to get this book: Toko buku Gramedia Rp 54.000
  • How to get this book: SCOOP Rp 43.200 (digital version only)
  • How to get this book: Order langsung ke Stiletto Book (lokasi di Yogyakarta) Rp 43.200 setelah diskon, belum termasuk ongkos kirim
  • How to get this book: Gramedia.com Rp 45.900 (belum termasuk ongkos kirim)
Leave a Reply

